Berita Utama

Perpustakaan Desa

Dilihat : 7790 Kali, Updated: 30 10 2014 07:47:08
Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa karanganyar kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas, bernama Perpustakaan cahaya Ilmu, awal berdirinya adalah milik PKK Desa Karanganyar.  Pada awal berdiri bahan pustakanya berasal dari sumbangan-sumbangan ibu-ibu dan sebagian dari membeli. Karena pada akhir tahun 2012 mendapat bantuan seribu buku dan 2 buah rak buku maka pada tahun 2013 menjadi milik desa tapi pengelolaannya tetap diserahkan pada PKK Desa. perpustakaan desa karanganyar mulai tahun 2014 pendanaannya sudah masuk dalam APB Desa. 

pengurus Perpustakaan berjumlah 10 (sepuluh) orang yang semuanya ibu-ibu. pada saat ini jumlah koleksi yang dimiliki baru berjumlah 1305 buah, terdiri dari Buku bacaan, majalah, dan buku referensi.

Perpustakaan Desa Cahaya Ilmu mempunyai Visi Perpustakaan Desa  sebagai sumber informasi, rekreasi dan tempat masyarakat belajar sepanjang hayat (Long life education)
dan Misinya adalah

1. Meningkatkan kesadaran masyarakat desa terhadap pentingnya transformasi informasi, pengetahuan dan pengalaman melalui pustaka. 

2. Menumbuhkan minat baca masyarakat dari usia dini.

3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan desa.

4. Menjadikan perpustakaan yang nyaman.

pada hari senin tanggal 20 Oktober 2014 mendapat pembinaan dari Perpustakaan dan arsip provinsi jawa Tengah yang didampingi pustakawan dari Purwokerto bapak Fuad Zein. Pada saat pembinaan mendapat bantuan buku-buku administrasi. selain itu pembinaan ini sangat berguna sekali bagi pengurus perpustakaan agar dapat meramaikan perpustakaan desa Karanganyar supaya masyarakat desa menjadi lebih maju lagi. dengan membaca masyarakat dapat mempunyai wawasan yang luas apalagi disaat  ledakan  informasi yang hebat saat ini, masyarakat desapun harus menguasai tehnologi informasi untuk mengimbangi ledakan informasi tersebut. 

kendala yang terjadi saat ini adalah bagaimana menumbuhkan minat baca masyarakat desa karanganyar. saat ini sedang digalakan program perpustakaan keliling. pengelola membawa buku-buku pada saat ada acara pertemuan ibu-ibu seperti arisan-arisan. teryata program ini berhasil menarik ibu-ibu untuk membaca. semoga dengan perpustakaan desa, desa karanganyar menjadi lebih maju, berwawasan luas dan menguasai tehnologi yang tepat guna khususnya dibidang pertanian.

 

Komentar